Sabtu, 04 Maret 2017

Kelebihan Produk Handmade

Beberapa kelebihan produk handmade dibandingkan produk lain.
1. Kualitasnya lebih baik
Karena harus dibuat dalam jumlah banyak (dan kadang dalam waktu singkat), produk biasa yang diproduksi secara masif harus mengorbankan berbagai kualitas produknya. Pertama, karena siklus produksinya cepat, produsen produk biasa tidak punya waktu untuk bereksperimen dan membuat desain-desain produk yang beda. Akibatnya, desain produk yang dihasilkan jadi tidak begitu istimewa. Yang kedua, karena harus menekan biaya agar bisa memproduksi produk sebanyak mungkin, produk biasa umumnya dibuat bukan dengan bahan yang terbaik. Ini tentu akan mengorbankan kenyamanan serta daya tahan dari produk tersebut. Yang ketiga, karena harus diproduksi secara masif dalam waktu singkat, produk biasa dibuat menggunakan mesin di pabrik dan dengan tenaga kerja yang bukan ahlinya. Akibatnya, produk yang dihasilkan akan ada yang cacat dan mungkin tampak tidak solid.
Nah, kekurangan dalam segi kualitas inilah yang tidak akan kamu temukan di produk handmade. Ketika akan dibuat, sebuah produk handmade umumnya dirancang dengan sangat hati-hati dan penuh pertimbangan, sehingga tiap desain akhir yang diperoleh dari sebuah produk handmade biasanya berbeda dan spesial satu sama lain. Selain itu, produksinya juga menggunakan bahan terbaik agar kualitas dan daya tahannya bisa dijamin. Terakhir, tiap produknya dibuat satu per satu langsung oleh tangan sang pengrajin yang sudah ahli dan berpengalaman secara presisi dan hati-hati. Memang, dibandingkan dengan produk biasa, produk handmade hanya diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas. Tapi itu dilakukan demi mencapai kualitas produk yang terbaik, baik dari segi desain dan hasil akhir.

2. Unik, khas, dan susah ditiru
Ketika kamu datang ke department store atau toko-toko di mall, kamu akan melihat bahwa tiap toko menjual satu produk dalam jumlah banyak. Biasanya, ketika akan menjual atau memproduksi sebuah produk, brand atau toko besar biasanya akan memproduksi produk mereka secara massal dan menjualnya di seluruh toko yang mereka miliki. Jadi, jika mereka menjualnya di seluruh Indonesia, produk tersebut akan ada dan bisa dibeli oleh siapapun di seluruh Indonesia. Karena itu, ketika kamu membeli dan memakai sebuah pakaian dari toko-toko besar seperti itu, jangan heran jika suatu hari kamu akan menemui beberapa orang yang memakai pakaian yang sama denganmu. Bayangkan betapa awkward-nya situasi yang kamu hadapi ketika menemui orang yang memakai pakaian yang sama, terutama di kesempatan khusus seperti pesta.
Nah, berbeda dengan produk biasa, karena dibuat langsung dengan tangan, produk handmade biasanya dibuat dan dijual dalam jumlah terbatas. Dan sebanyak-banyaknya produk yang dibuat oleh pengrajin, tiap produknya unik karena berasal dari sentuhan langsung pengrajinnya. Tidak hanya itu, beberapa pengrajin bahkan membuat produk mereka hanya berdasarkan pesanan pembeli dan menerima modifikasi dan sentuhan pribadi untuk pembeli tersebut. Dengan begitu, produk yang kamu pesan dijamin satu-satunya di dunia dan tidak ada tiruannya.
Lalu, karena karena tiap produknya unik, produk handmade biasanya memberikan kamu rasa bangga dan memiliki identitas sendiri. Dan karena produknya tahan dalam waktu yang sangat lama, kamu bisa memegang “identitas” tersebut dengan bangga selama bertahun-tahun.

3. Lebih murah

Jika dibandingkan dengan bahan biasa, produk handmade umumnya lebih mahal, dan inilah yang biasanya membuat masyarakat awam enggan membeli produk handmade. Tapi, harga mahal tersebut bukan tanpa alasan. Karena dibuat satu per satu langsung oleh tangan pengrajin secara teliti menggunakan bahan-bahan terbaik dan desain yang sudah dipertimbangkan dengan hati-hati, produk-produk handmade biasanya awet dan tahan lama hingga bertahun-tahun. Jadi, sekali membeli produk handmade, kamu mungkin tidak perlu lagi membeli produk yang baru dalam waktu dekat.
Memang kamu harus membayar harga yang cukup mahal di muka. Tapi, jika dengan harga itu kamu bisa menggunakan produk tersebut hingga 10 tahun atau lebih, harga tersebut pada akhirnya setimpal, dan bahkan mungkin lebih murah daripada harus membeli produk biasa dengan harga yang lebih murah tapi harus menggantinya tiap satu atau dua tahun. Jadi, ya, memang produk handmade lebih mahal, tapi kamu mendapatkan hal yang setimpal dengan harga tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar