Sabtu, 04 Maret 2017

Handmade vs Mesinmade


Masih banyak yang bertanya apa perbedaan antara produk handmade dan produk mesin made. Dari segi trend sekarang orang orang sudah banyak melirik produk handmade ketimbang mesin made. Tapi tak jarang juga produk produk mesinmade merajai pasar di Indonesia. Berikut adalah perbedaan produk handmade dan mesinmade.
Kualitas

Mesin made dituntut untuk membuat produk dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat. Biasanya produk yang dibuat dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat seringkali harus mengorbankan berbagai kualitas produknya. Waktu yang singkat membuat produksi tidak punya waktu untuk memastikan kualitas dengan teliti. Karena produk yang di buat dalam jumlah banyak dan menekan biaya produksi seringkali produsen menggunakan bahan bahan yang kurang baik.  Dan kedua hal itu bias menimbulkan kecacatan produk dan tidak terdeteksi produsen.
Handmade pada umumnya dirancang dengan sangat hati hati menggunakan rasa dan jiwa si pembuat produk, sehingga hasi produk yang dihasilkan itu sepesial dan berbeda satu sama lain. Selain itu pada umumnya prosuk menggunakan bahan dasar yang berkualitas dan daya tahanya dijamin. Dan produk di buat satu persatu oleh tangan pengrajin yang sudah ahli dan berpengalaman secara persisi dan hati hati. Itu semua dilakukan demi mendapat kualitas produk yang terbaik.
Keunikan

Mesinmade biasanya memproduksi satu jenis dalam jumlah banyak. Sebagai contoh ketika kamu membeli baju di suatu mall tak jarang ketika kamu sedang mengenakan baju tersebut kamu melihat kembaran bajumu ada disamping kamu. Kamu tidak inginkan mengalami hal paling memalukan tersebut.
Berbeda dengan produk handmade di karenakan di buat langsung dengan tangan, produk handmade di buat dalam jumlah terbatas. Setiap produk unik karena berasal dari tangan sang penrajin. Tidak hanya itu beberapa pengrajin pada umumnya juga menawarkan produk yang di custom sesuai permintaan pembelinya yang mungkin hanya satu satu nya produk yang ada di dunia. Ini yang membuat barang barang  handmade berasa ekslusif untuk pembeli.
Harga

Mesinmade biasanya lebih muruh dibandingkan handmade dikarenakan bahan dan cara pembuatan yang dilakukna produk produk mesin made kurang berkualitas dan di buat dalam jumlah banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar